Pengertian Segmentasi Pasar serta Syarat dan Tujuannya

Pengertian Segmentasi Pasar

Pengertian Segmentasi Pasar serta Syarat dan Tujuannya – Diskusikan definisi segmentasi pasar beserta tujuan, ketentuan, dan manfaatnya. Berikut penjelasannya

Definisi Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah distribusi kelompok konsumen / pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik, dan perilaku yang berbeda (heterogen) di pasar tertentu sehingga mereka menjadi unit pasar yang homogen dan pergi ke pasar dengan strategi bauran pemasaran mereka sendiri .

Segmentasi pasar adalah strategi perusahaan untuk memenuhi minat dan kebutuhan konsumen di pasar, yang kemudian menciptakan produk baru (diversifikasi produk) yang sejalan dengan minat dan kebutuhan konsumen tersebut. Dengan kata lain, PASAR hanya satu dan luas di beberapa pasar homogen setelah mengalami segmentasi.

Pengertian Segmentasi Pasar

Tujuan utama segmentasi pasar adalah untuk lebih fokus pada proses pemasaran sehingga sumber daya perusahaan dapat digunakan secara efisien dan efisien. Untuk memahami lebih lanjut tentang segmentasi pasar, berikut adalah beberapa definisi segmentasi pasar menurut para ahli:

Menurut Philip Kotler dan Gary Armstrong

Segmentasi pasar adalah pembagian pasar dalam berbagai kelompok pembeli.

Tujuan dari pengelompokan pasar adalah untuk membagi pasar yang berbeda (heterogen) menjadi kelompok pasar yang homogen, di mana setiap kelompok dapat dipasarkan ke suatu produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, atau karakteristik pembeli di pasar.

Menurut Swastha dan Handoko

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi pasar yang memiliki fitur heterogen dalam satu unit pasar homogen tunggal.

Menurut Pride and Ferrel

Segmentasi pasar adalah sistem untuk membagi pasar menjadi segmen pelanggan potensial dengan karakteristik yang sama yang menunjukkan bahwa ada kesamaan dalam perilaku konsumen.

Tujuan segmentasi pasar

Tujuan utama dari pengelompokan pasar adalah untuk membagi pasar yang masih sangat luas di beberapa pasar yang homogen. Lebih komprehensif, berikut adalah beberapa tujuan segmentasi pasar:

1. Memfasilitasi pasar diferensiasi atau diferensiasi

Salah satu kesulitan perusahaan dalam proses pemasaran produk adalah kondisi pasar yang heterogen di mana minat dan selera konsumen sangat beragam dan tumbuh.

Ketika mengelompokkan konsumen homogen, perusahaan akan lebih mudah memahami kebutuhan dan minat konsumen. Hasil akhirnya, pasar akan lebih mudah dibedakan dari kelompok pasar lainnya.

2. Layanan pelanggan membaik

Empat hal terpenting yang dipertimbangkan konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka adalah kualitas, harga, layanan, dan ketepatan waktu. Dan pelayanan yang baik sangat penting untuk empat hal penting ini.

Dengan melakukan segmentasi pasar, perusahaan akan memberikan layanan lebih mudah sesuai dengan segmentasinya.

Persyaratan segmentasi pasar

Berikut ini adalah beberapa persyaratan segmentasi pasar yang efektif:

  • Terukur: Kelompok pasar harus diukur dalam ukuran, luasnya, dan daya beli konsumen di segmen pasar.
  • Terjangkau (Terjangkau): segmentasi pasar harus diterapkan. Ini berarti bahwa strategi pemasaran yang direalisasikan dapat direalisasikan dan dapat melayani dengan baik untuk segmen pasar.
  • Substansial: klaster pasar harus cukup besar untuk menjadi menguntungkan ketika perusahaan membayar untuk itu.
  • Dimungkinkan untuk dibedakan (terdiferensiasi): artinya segmen pasar yang dikelompokkan harus dapat dibedakan secara jelas.
  • Ini dapat diimplementasikan (dapat ditindaklanjuti): segmentasi pasar harus dilayani atau dicapai oleh sumber daya properti perusahaan.

Manfaat segmentasi pasar

Segmentasi pasar dilakukan tanpa alasan. Perusahaan menginginkan banyak manfaat, termasuk:

  • Perusahaan memiliki dan mengimplementasikan ide-ide pemasaran yang paling bertarget.
  • Perusahaan akan dibantu dalam hal manajemen produk yang lebih baik.
  • Perusahaan tahu dan membandingkan peluang pasar baru.
  • Perusahaan dapat mengelola dan menggunakan anggaran yang ada secara efisien dan efisien.

Lihat Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *