Pengertian Riset Pasar & ( Tujuan – Jenis – Peran – Fungsi )

Pengertian Riset Pasar

Pengertian Riset Pasar & ( Tujuan – Jenis – Peran – Fungsi ) – Dalam hal ini, memulai bisnis di era modern ini tidak semudah menjalankan bisnis seperti di era sebelum revolusi teknologi informasi. Memulai bisnis tidak dapat lagi bergantung pada jumlah produksi dengan harapan bahwa semua produk akan dijual setelah proses produksi selesai. Kondisi saat ini tidak sama, sehingga diperlukan manajemen asuransi yang lebih kompleks, salah satunya adalah riset pasar.

Definisi Riset Pasar dan Tujuannya

Pengertian Riset Pasar

Riset pasar sangat penting dalam bisnis karena riset pasar akan mengetahui apa yang dibutuhkan pasar atau masyarakat dan juga pesaing komersial. Dengan mengetahui apa yang dibutuhkan pasar dan juga pesaing yang ada dapat membuat produk atau layanan yang sesuai dengan pasar dan dapat membuat produk atau layanan bersaing di pasar.

Dengan riset pasar, Anda dapat mengetahui siapa yang membutuhkan produk atau layanan yang ditawarkan, di mana produk atau layanan itu dibutuhkan dan kualitas produk yang dibutuhkan konsumen. Dan Anda juga bisa tahu berapa banyak permintaan dan permintaan potensial ketika permintaan mencapai puncaknya dan kapan permintaan dikurangi oleh konsumen.

Untuk memudahkan merencanakan strategi bisnis dan dapat menghasilkan manfaat besar atau optimal. Bisa dibilang bahwa riset pasar adalah otak dalam bisnis karena inilah yang menentukan langkah strategis untuk melakukan bisnis.

Jenis Studi Pasar

Ada dua jenis penelitian yang dapat dilakukan jika Anda akan menemukan informasi tentang pasar, jenis-jenis riset pasar, yaitu:

Penelitian primer

Sumber penelitian primer adalah pasar sasaran atau tujuan penelitian langsung, tujuan penelitian pasar primer adalah untuk mengumpulkan informasi untuk mengetahui kondisi / kondisi pasar saat ini.

Cara memperoleh data melalui penelitian primer, seperti:

  • Wawancara / wawancara langsung / tatap muka atau tidak langsung “melalui telepon / skype / teleconfrence / panggilan video”.
  • Survei / Pengamatan.
  • Kuisioner
  • Diskusi dalam kelompok dengan anggota terdiri dari sampel konsumen dan klien potensial untuk mendapatkan umpan balik atas hasil diskusi.

Penelitian Sekunder

Dalam penelitian sekunder, data yang diperoleh laporan / publikasi / masalah terkait telah dipublikasikan secara umum. Penelitian sekunder dimaksudkan untuk menganalisis data yang tersedia, yang kemudian menjadi strategi pemasaran yang akurat.

Peran dan Fungsi Riset Pasar

Riset pasar memainkan dua peran kunci dalam sistem pemasaran. Pertama, penelitian ini adalah bagian dari proses umpan balik intelijen pemasaran yang menyediakan data tentang efektivitas bauran pemasaran saat ini dan memberikan informasi tentang perubahan yang diperlukan untuk pembuat keputusan.

Kedua riset pasar adalah alat utama untuk mengeksplorasi peluang baru di pasar, riset segmentasi, dan riset produk baru membantu mengidentifikasi peluang yang paling menguntungkan bagi manajer pemasaran.

Fungsi riset pasar berkaitan dengan bagaimana manajemen menggunakannya:

  • Perencanaan “Perencanaan”
  • Perencanaan yang terkait dengan penentuan peluang pasar meliputi segmentasi, estimasi permintaan, dan penilaian lingkungan.
  • Pemecahan masalah “Pemecahan masalah”
  • Riset pasar untuk pemecahan masalah lebih berfokus pada pengambilan keputusan jangka pendek dan jangka panjang, termasuk produk “produk”, “harga”, “tempat” dan “promosi” dari promosi.
  • Kontrol “Kontrol”
  • Riset pasar yang berorientasi pada contorl membantu manajemen menemukan titik kesulitan dan memantau proses yang sedang berlangsung “Churcill, 2005”.

Tujuan Penelitian Pasar

Adapun Doman “2002”, ada 4 tujuan dasar dan studi pasar, yaitu:

Menganalisis pasar

Riset analisis pasar membantu menghitung potensi pasar untuk produk, layanan, atau bisnis baru. Analisis pasar dapat memberikan informasi tentang pelanggan potensial, pasar potensial, lokasi bisnis, dan pesaing.
Analisis respons pasar terhadap suatu produk atau layanan

Analisis ini bertujuan untuk memperhitungkan potensi produk atau layanan di pasar. Evaluasi dapat dilakukan sebelum memperkenalkan suatu produk. Anda juga dapat melakukan survei untuk meningkatkan pemasaran atau produk.

Lihat Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *