Manfaat Olahraga Lari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

velora.co.id – Pagi adalah waktu yang tepat untuk memulai semua kegiatan yang menyehatkan tubuh dan pikiran, salah satunya melalui olahraga. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, pertimbangkan manfaat jogging untuk mencapai ini.

Olahraga adalah kegiatan yang tidak dapat dipisahkan untuk menurunkan berat badan. Menurut penelitian, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berolahraga karena lebih mudah menjadikannya rutin.

Manfaat berjalan di pagi hari untuk menurunkan berat badan

Rutinitas harian sederhana
Bagi mereka yang kesulitan melakukan latihan rutin, olahraga pagi adalah pilihan terbaik. Olahraga pagi juga sangat bermanfaat karena tidak terganggu oleh aktivitas sehari-hari.

Olahraga pagi sebagai aktivitas fisik sangat baik untuk membakar kalori. Pada kecepatan 8 km / jam, rata-rata 295 kalori dikonsumsi. Sementara itu, sambil berjalan dengan kecepatan sekitar 5,5 km / jam, Anda bisa mengonsumsi 140 kalori.

Untuk menurunkan berat badan dan memanfaatkan lari pagi, cobalah untuk melatih setidaknya tiga kali seminggu dengan total sekitar 60-90 menit. Namun, pemula dapat memulai pelatihan sekitar 10 menit sehari. Kemudian meningkat secara bertahap.

Selain jogging, olahraga yang disarankan dilakukan di pagi hari, termasuk bersepeda, berenang, yoga atau angkat berat.

Meringankan gangguan tidur

Olahraga pagi hari, termasuk joging pagi hari, dapat meningkatkan kualitas tidur. Ini adalah faktor penting dalam penurunan berat badan, menurut penelitian.

Kualitas tidur yang buruk memengaruhi beberapa hormon dalam tubuh yang memengaruhi nafsu makan. Tidur yang cukup meningkatkan keseimbangan hormon sehingga tubuh dapat mengontrol nafsu makan.

Satu studi menemukan bahwa wanita yang kelebihan berat badan di atas usia 50-75 yang bekerja 60 menit seminggu di pagi hari bisa tidur lebih baik daripada wanita yang tidak berlatih di pagi hari. Sebaliknya, olahraga sore justru dapat membuat tidur menjadi sulit.

Kiat untuk memulai lari pagi
Cobalah melakukan pemanasan sebelum memulai lari pagi. Suhu tubuh yang rendah di pagi hari membuatnya sangat penting untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Selanjutnya, Anda dapat melakukan berbagai tindakan:

Makan buah, jus, atau yogurt sekitar 30 menit sebelum jogging. Ini penting untuk menghindari pusing atau kelemahan saat berolahraga dengan perut kosong. Namun, disarankan untuk menghindari kopi.
Regangkan setelah jogging. Ini membantu tubuh menjadi lebih fleksibel dan mencegah cedera. Bersantai sampai tangan Anda mencapai jari-jari kaki atau putar kepala Anda ke kanan dan kiri.

Biarkan dingin selama beberapa menit setelah berlari di pagi hari. Ambil napas dalam-dalam dan biarkan tubuh rileks selama sekitar 1-2 menit. Lakukan sebelum Anda mulai makan, mandi, atau aktivitas lainnya.
Pertimbangkan pusat kebugaran atau pusat kebugaran. Jenis tempat latihan ini sangat cocok bagi sebagian orang untuk menjaga motivasi mereka untuk tetap bergerak.
Latihan akhir pekan. Jika Anda melakukan olahraga pagi sebagai bagian dari rutinitas Anda, yang terbaik adalah melakukannya selama akhir pekan.

Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi atau risiko penyakit jantung, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu jika Anda ingin memulai latihan.

Dianjurkan untuk memulai lari pagi dengan lambat, tergantung pada kemampuan Anda. Jadikan olahraga ini sebagai rutinitas harian untuk memaksimalkan lari pagi Anda.

Baca Lainnya:

Tanah Alluvial Ciri-ciri, Jenis dan Penjelasan Terlengkap

Kenapa yogurt sehat ?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *