Sebenarnya apa saja manfaat zinc bagi tubuh?

Tubuh membutuhkan berbagai vitamin dan mineral agar berfungsi optimal. Tidak ada pengecualian selama puasa, meskipun waktu makan berkurang, tetapi asupan gizi harus dipenuhi. Mineral penting adalah seng, yang dapat ditemukan dalam sedikit makanan. Bahkan jika tubuh tidak membutuhkan seng dalam jumlah besar, seseorang dapat mengalami kekurangan seng. Jika ini terjadi, akan ada banyak fungsi tubuh yang terganggu dan tentu saja bisa menghalangi puasa.

Sebenarnya apa saja manfaat zinc bagi tubuh?

Seng adalah mineral yang digunakan tubuh untuk melawan infeksi karena dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, seng juga dapat membantu pembelahan sel, menjaga indera penciuman dan rasa serta menyembuhkan luka. Seng juga berperan dalam pertumbuhan, perkembangan seksual dan reproduksi.

Seng juga membantu pertumbuhan dan perkembangan seseorang. Dengan cara ini, ini termasuk mineral penting yang dibutuhkan oleh wanita hamil dan anak-anak di masa kecil mereka.

Jika Anda tidak memiliki cukup seng selama puasa, Anda mungkin kekurangan seng.
Apa saja gejala defisiensi seng selama puasa?

Gejala defisiensi seng cenderung dikaitkan dengan peran seng dalam tubuh. Beberapa gejala defisiensi seng yang paling umum meliputi:

  • Kehilangan selera makan
    Pertumbuhan lebih lambat dari yang seharusnya
    Fungsi kekebalan tubuh lemah

Jika kondisinya memburuk, Anda mungkin mengalami beberapa gejala lain seperti:

Kematangan seksual yang terlambat
diare
Cedera mata dan kulit
Merasa lesu
Rambut rontok
Luka sembuh lebih lama
Penurunan berat badan tanpa alasan

Pria dan anak laki-laki juga dapat mengalami impotensi dan hipogonadisme, yaitu ketika tubuh pria tidak menghasilkan cukup testosteron.
Bagaimana cara mengatasi kekurangan seng saat puasa?

Jika kekurangan seng selama puasa, adalah mungkin untuk menambahkan makanan yang mengandung seng selama matahari terbit dan puasa. Dengan cara ini dapat membantu meningkatkan asupan seng dalam tubuh saat puasa.

Anda bisa mendapatkan sumber makanan yang kaya dari tiram, daging sapi, kacang, yogurt, kacang, oatmeal dan susu. Seseorang yang mengkonsumsi berbagai makanan selama puasa lebih mungkin memenuhi asupan seng harian. Ini termasuk daging tanpa lemak, buah, sayuran dan produk susu.

Pasokan seng yang cukup juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tetap kuat dan sehat selama puasa. Selain itu, Anda tidak mudah lemah dan sakit selama puasa. Jika perlu, dokter Anda dapat merekomendasikan penambahan suplemen seng selama puasa, untuk membantu meningkatkan asupan seng harian Anda.

Juga, tambahkan asupan vitamin C untuk mengoptimalkan kerja seng untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jadi kombinasi keduanya membuat puasa lebih mudah.

Anda bisa mendapatkan makanan yang mengandung vitamin C dari buah-buahan dan sayuran seperti jeruk, jambu biji, stroberi, dan berry.

Baca juga:

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *