Kapan Anda harus olahraga saat Anda berpuasa?

Berpuasa bukanlah halangan untuk terus berolahraga untuk menjaga kebugaran. Puasa juga bisa menjadi kesempatan Anda untuk membakar lebih banyak kalori sehingga Anda bisa menurunkan berat badan saat berpuasa. Tentu saja, ini hal yang positif. Namun, Anda tidak boleh berolahraga tanpa beban saat berpuasa. Mengawasi waktu dan intensitas latihan selama puasa, sehingga latihan tidak mengganggu puasa.

Kapan Anda harus olahraga saat Anda berpuasa?

Olahraga ketika perut kosong dan haus dapat mempengaruhi kesehatan secara negatif. Ini bisa membuat Anda merasa sangat lelah, lemah, pusing, menyebabkan dehidrasi. Olahraga berat selama puasa juga dapat menyebabkan kerusakan otot dan juga dapat meningkatkan hormon stres (hormon kortisol) dalam tubuh. Jadi untuk menghindari ini, Anda harus pintar menemukan waktu yang tepat untuk berolahraga selama bulan puasa.

Padahal, waktu yang tepat untuk berlatih puasa tergantung pada diri Anda sendiri. Sampai Anda merasa lemah dan pusing setelah melakukan olahraga selama puasa, ini bukan masalah. Kekuatan setiap orang untuk berpuasa dapat bervariasi. Namun, ada waktu terbaik untuk berlatih selama puasa, yaitu:
Sebelum itu cepat rusak

Anda bisa berlatih sebelum berbuka puasa untuk membakar lebih banyak lemak. Tentu saja ini berguna bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan saat berpuasa. Berolahraga dengan perut kosong dapat membantu Anda menghilangkan lebih banyak lemak.

Setelah berolahraga (menggunakan sisa energi Anda), Anda bisa makan ketika Anda istirahat cepat untuk mengganti energi yang hilang. Sehingga waktu untuk berolahraga sebelum berbuka puasa bisa menjadi waktu yang tepat untuk berolahraga. Anda mungkin tidak perlu khawatir mengalami gula darah rendah atau dehidrasi.

Tapi ingat, jangan paksa mereka berolahraga terlalu banyak untuk membakar lebih banyak lemak. Anda masih dalam keadaan puasa dengan sedikit energi yang tersisa, jadi olahraga yang Anda lakukan harus dibatasi, tidak lebih dari 60 menit. Jangan membuat diri Anda sakit, merasa lemah dan pusing setelah berolahraga.
Setelah berbuka puasa

Ini adalah waktu terbaik untuk berlatih selama bulan puasa. Anda bisa berlatih dua atau tiga jam setelah berbuka puasa. Tunggu sampai makanan Anda dicerna oleh tubuh sehingga Anda menerima energi untuk berolahraga. Karena Anda telah makan dan mengisi kembali tubuh Anda dengan energi, sehingga Anda dapat melakukan latihan apa pun yang Anda inginkan saat ini, dari intensitas ringan hingga berat, termasuk olahraga untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot.
Setelah sahur

Setelah Sahur Anda juga bisa berolahraga. Tubuh Anda telah menerima energi dari makanan yang Anda makan saat fajar, sehingga Anda dapat melakukan latihan saat ini. Namun, olahraga yang harus dilakukan setelah matahari terbit adalah olahraga dengan intensitas cahaya. Lakukan olahraga yang baik setelah subuh untuk menjaga kebugaran Anda selama puasa.

Tetapi ingat, Anda harus menyediakan energi untuk melakukan aktivitas Anda berikutnya sampai istirahat cepat, jadi jangan berlebihan sekarang.

Baca juga :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *